Sabtu, 27 Mei 2017

ASRAMA PUTRI UNNES


Hai hai para MaBa (khususnya putri) Unnes…selamat datang dan selamat  menjadi seorang mahasiswa… Sebuah kebanggaan menyambut kalian di blog ini. Setelah diterima menjadi mahasiswa, tentunya kalian akan nyari tempat tinggal dong..? Unnes menyediakan fasilitas asrama lho… Penasaran??
Disini, penulis akan menjelaskan tentang asrama Unnes khususnya asrama putri yang ada di Gunung Pati. Kenapa?? Karena penulis pernah tinggal disana dan sekarang akan penulis share pengalaman selama disana. Selamat membaca :)
              
               Asrama putri unnes terletak di Jalan Ampel Gading Raya, Kelurahan Kalisegoro, Gunungpati, Ungaran, Semarang.  Letaknya memang agak jauh dari kampus, sekitar 1,6 km dari gerbang utama Unnes. Jika ditempuh dengan berjalan kaki, kira-kira 20 menit ke kampus FMIPA (lewat Jl Taman Siswa). Kalau lewat Jl Sekaran (terus masuk gang rambutan) cuma 15 menit. Kalau naik motor paling cuma 5 menit aja kok. Kalau kalian punya motor bisa lebih enak. Bagi yang ga punya motor kaya saya, biasanya bisa naik angkot yang tiap pagi selalu siaga nganter kalian dari depan gerbang asrama sampai ke kampus. Tapi untuk lebih hemat, biasanya saya jalan kaki bareng temen sekamar. Bakal asyik dan ngga kerasa capek kok kalau jalannya sambil dinikmati, ngobrol-ngobrol, bersyukur, dan menikmati alam dan udara sejuk pegunungan. Jangan kaget dengan jalanan yang menjulang tinggi, namanya juga pegunungan hehehe. Siapin stamina aja ya buat sedikit ngos-ngosan demi mencapai garis finish kampus wkwk. Jangan lupa sarapan juga biar kuat dan ngga lemes. Dan selalu bawa botol minum pribadi ya.
               Oiya ternyata masih banyak loh yang belum tahu dimana sih asrama unnes?? Termasuk saya yang dulu juga belum tahu arah saat mau mendaftar ke asrama. Dulu nyari-nyari lokasinya sama Papa, nanya-nanya orang sekitar. Dan akhirnya ketemu juga deh. Sekarang saya bagi tahu rute disini.
Kalau kalian dari gerbang utama Unnes ( yang ada globe raksasa itu) kalian ambil arah ke kiri, jalan terus ngikutin arah jalannya aja. Jangan lupa nikmati pemandangan alam dan sejuknya udara yang menyambut kalian. Nah kalau udah mentok nemu pertigaan), kalian belok ke kanan ya, hati-hati disitu rawan kecelakaan karena arah lalu lintas dan kurangnya rambu-rambu disitu bikin jalanan agak semrawut kalo lagi rame. Untuk mengurangi kecelakaan, sekarang udah dipasang spion raksasa dipinggir jalan. Setelah belok kanan tadi, kalian akan melewati jembatan diatas sebuah kali yang agak gede. Itu artinya kalian udah memasuki Kelurahan Kalisegoro. Nah di sebelah kanan jalan, dekat jembatan itulah asramanya. Didepannya ada tembok bertuliskan ‘ASRAMA PUTRI UNNES’.
                              Sedangkan kalau kalian dari gerbang belakang Unnes, kalian ambil arah kanan (ngikutin jalan aja). Setelah mentok Jalan Taman Siswa, kalian akan menemui pertigaan jalan (hati-hati beloknya ya, ini jalan lumayan semrawut juga pas rame), ambil arah kanan. Ikuti jalannya, nikmati keindahan alamnya. Nantinya kalian akan menemui pertigaan lagi, lurus saja. Setelah itu, lewati jembatan diatas kali. Nah didekat jembatan itulah asramanya.
Setelah nemu lokasinya, kalian bisa masuk gerbang dan menemui satpam yang jaga di lobby. Kalau kalian mau daftar, bilang aja sama satpamnya. Nanti bakal diantar ke kantor administrasi untuk menemui ibu asramanya. Biasanya, si ibu asrama (Bu Yuni) datengnya jam 7.30an.  Jangan dateng pas hari libur ya, karena ibu asrama ga ada disitu hehehe.
Persyaratan untuk mendaftar bakal dijelaskan oleh ibu asrama disana. Kemungkinan sih masih sama kayak tahun kemaren. Kalau saya dulu berkasnya ada :
1.      Formulir pendaftaran asrama (bisa kalian dapet di asrama)
2.      Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
3.      FC KTP/KTM
5.      Stopmap *warna tertentu* (dulu saya warna kuning)
6.      FC sertifikat prestasi (kalau ada)
Untuk menjadi penghuni asrama, sistemnya pakai kontrak. Kontraknya setahun, bayarnya boleh dicicil per bulan atau per semester. Untuk tahun 2016, harganya Rp 110.000 per bulan. Sangat murah kan? Tentunya dengan fasilitas yang nyaman juga pastinya. Sebagian besar, penghuni asrama ini adalah mahasiswa bidikmisi. Kemudian ada juga mahasiswa reguler (bukan bidikmisi) dan mahasiswa PPG/SM3T.
Pendaftaran asrama ini bisa dilakukan kapan saja (selama masih ada kamar yang kosong/kurang penghuni). Untuk mahasiswa baru, akan ditempatkan mulai dari lantai 2 dan seterusnya. Jadi, siapa yang lebih dulu mendaftar akan dapat lantai yang tidak terlalu tinggi. Dulu saya mendaftar saat pengumuman SBMPTN (supaya tidak keburu penuh pendaftar asrama). Dan akhirnya saya mendapat kamar di lantai 2 yang sangat nyaman untuk menikmati pemandangan di luar asrama. Ketika menengok jendela akan tampak rindang dan hijaunya pepohonan, birunya langit dan pegunungan, serta lalu lalang kendaraan di jalan raya. Akan lebih indah lagi ketika menikmati sejuknya pagi dan rintikan hujan sore hari. Berasa damai sekali…
 Pengumuman ploting kamar akan kalian ketahui saat kalian pindahan. Biasanya antara pertengahan Agustus, ketika angkatan tahun lalu sudah diijinkan untuk pindah. Nah, untuk pembayaran bulan awal juga dimulai dari bulan Agustus. Biasanya pada awal pembayaran akan diminta membayar 2 bulan awal terlebih dahulu (Agustus-September). Untuk pembayaran selanjutnya perbulan, bisa dilakukan maksimal tanggal 20 di setiap bulannya. Pihak asrama hanya akan memberi peringatan membayar berupa selembar kertas yang akan diselipkan di pintu kamar kalian ketika kalian sudah terlambat membayar 2 bulan berturut-turut.
Untuk lantai teratas, yaitu lantai 5 diperuntukkan untuk mahasiswa PPG/SM3T. Ada juga mahasiswa tahun lalu yang masih menghuni di asrama. Mereka perpanjang kontrak sewa mereka. Mereka biasanya ditempatkan di lantai atas juga, tergantung kuota yang diberikan pihak asrama. Kuota ini tergantung jumlah mahasiswa baru yang mendaftar. Karena pada dasarnya, asrama ini mengutamakan mahasiswa baru bidikmisi. Tapi jangan khawatir jika kalian mahasiswa regular untuk mendaftar asrama karena mahasiswa baru bidikmisi pun sangat banyak yang lebih memilih kos daripada asrama meski sudah ada himbauan dari Unnes.
Balik lagi membahas soal perpanjangan kontrak. Mahasiswa yang akan perpanjang kontrak sewa biasanya menemui ibu asrama. Ada 3 ibu asrama disini, yaitu Ibu Yuni, Ibu Sinta, dan Ibu Latri. Beliau-beliaulah yang mengurusi administrasi asrama. Perpanjangan kontrak dilakukan antara bulan Mei-Agustus. Nantinya mereka akan diseleksi. Seleksinya melihat tentang rekam pembayaran sewa selama tahun lalu, kemudian tentang jam malam. Ketika sering pulang malam (dilihat dari buku ijin keluar malam mahasiswa) maka hal ini akan menjadi pertimbangan juga. Bagi yang tidak ingin perpanjang kontrak maka cukup melunasi pembayaran sewa kamar sampai bulan Juli, kemudian menyerahkan kunci almari kamar ke petugas ketika akan pindahan.
Bicara soal fasilitas, di asrama ini cukup nyaman dan aman. Dari segi keamanan, sudah jelas tidak diragukan lagi. Selalu ada satpam yang jaga didepan lobby untuk menjaga keamanan, terutama bagian parkir motor dan gedung asrama pastinya. Selain penghuni asrama/petugas, tidak diizinkan untuk naik ke lantai atas. Selain itu, disetiap lantai dan beberapa sudut penting selalu ada CCTV yang terpasang. Jadi, kalau ada apa-apa bisa keliatan dari CCTV deh, so jangan macem-macem deh ya hehehe.
Dari segi kebersihan, asrama ini punya petugas khusus kebersihan untuk membersihkan setiap lantai asrama dari paling bawah sampai paling atas, termasuk kamar mandi di setiap lantai. Kalau kebersihan kamar jadi tanggung jawab penghuninya ya. Misal di kamar belum ada alat kebersihan seperti sapu, kalian boleh meminjam pada ibu-ibu petugasnya kok. Jadi, selalu jaga kebersihan ya…
Ngomong-ngomong soal petugas, ada juga teknisi khusus listrik. Jadi kalau misal listrik kamar kalian ada masalah, tinggal lapor aja ke petugasnya. Nomor telepon petugas asrama ditempel di setiap belakang pintu kamar kok.
Fasilitas lainnya ada:

1.      Kamar tidur pastinya
Didalam kamar tidur ini terdapat 4 springbed (untuk 4 penghuni), 2 meja, 4 kursi, 2 almari pakaian (tiap almari ada 2 pintu, masing-masing pintu ada kuncinya yang dipegang oleh penghuni pemilik), dan 1 gantungan untuk menjemur 4 handuk, serta 1 buah lampu. Semisal lampunya kurang terang untuk belajar, kalian bisa meminta lampu yang lebih terang kepada petugas atau menambah 1 lampu sendiri karena disitu ada 2 kap lampu namun hanya terpasang 1 lampu saja. Di kamar saya ada 2 lampu, karena saya memasang sendiri lampu pribadi agar lebih nyaman untuk belajar di malam hari. Kalian boleh mendesign sendiri letak perabotan kamar kalian seperti yang saya lakukan bersama teman sekamar. Namun setelah kontrak sewa habis, jangan lupa kembalikan lagi posisi perabotan kamar seperti semula ya

2.      Wifi ( ada yang gratis dan ada juga yang berbayar)
 Namanya juga mahasiswa pasti pilihnya yang gratis-gratis aja ya kan.. Sayangnya jarang bisa nyampe di dalem kamar kalo yang gratis ini, tapi kadang juga bisa kok, bahkan lancar banget buat streaming (kadang-kadang) hehehe. Kalo ngga nyampe kamar, biasanya pada nongkrong di ruang tv tiap lantai atau di tangga tiap lantai, nah disitu bisa agak lancar tuh koneksinya wkwk.
3.      Ruang tv
Ruang untuk menonton tv ada di setiap lantai. Tapi jarang banget ada yang nonton tv karena mahasiswa jarang banget ada waktu luang. Kalaupun ada paling dibuat istirahat di kamar aja atau melakukan hobi mereka. Sayangnya, di beberapa lantai, tv nya ada yang rusak.
4.      Alat keolahragaan
Bagi yang suka olahraga seperti basket, voli, badminton kalian bisa melakukan hobi kalian lho. Alat-alatnya bisa pinjam ke satpam. Ga perlu bingung mau maen kemana, karena lapangan asrama ini cukup luas.
5.      Kantin
Karena asrama tidak menyediakan dapur dan tidak mengizinkan kalian memasak dalam kamar (termasuk membawa magic com), maka kalian ga perlu ribet-ribet masak atau jauh-jauh beli makan. Di lantai paling bawah, ada kantin yang siap melayani kalian dengan makanan yang enak dan murah tentunya. Selain itu, petugas kantinnya sangat ramah kok, tapi jangan sering-sering diutangin ya hehehe. Ada 2 bilik kantin yang diperuntukkan bagi mahasiswa umum dan ada bilik kantin khusus untuk mahasiswa PPG/SM3T sebagai salah satu fasilitas yang khusus diberikan untuk mereka.
6.      Tempat parkir
Bagi kalian yang bawa motor, ga perlu susah-susah nyari tempat parkir. Disini ada beberapa tempat parkir yang disediakan khusus. Tempat parkirnya pun cukup luas dan aman pastinya. Tapi jangan parkir motor kalian di tempat parkir khusus Bapak Manajer yaa hehehe.
7.      Tempat belajar kelompok/sekedar nongkrong/makan
Meskipun ini asrama putri, tidak menutup kemungkinan untuk kalian belajar kelompok bersama teman kuliah baik cewek maupun cowok. Kalian bisa belajar kelompok di tempat yang nyaman, adem, dan dekat kantin. Tempat belajar ini ada di dekat parkiran, tepatnya disamping lobby persis. Disitu disediakan beberapa meja dan kursi. Sebenarnya saya juga kurang tahu fungsi utama tempat ini, karena memang jarang sekali digunakan. Tapi saya pernah gunakan untuk belajar kelompok karena pada saat itu kelompok saya cowok semua. Akhirnya saya memilih tempat ini untuk mengerjakan tugas kelompok kuliah hehehe. Disinipun juga ada CCTVnya lho…
8.      Perpustakaan Mini
Untuk menunjang belajar mahasiswa, asrama ini menyediakan perpustakaan yang berisi berbagai macam buku dari berbagai bidang pula. Perpustakaan ini memang terbilang kecil. Hanya terdiri dari beberapa rak buku saja. Namun kualitas bukunya cukup bagus dan menarik. Letaknya ada di depan tangga lantai 1 ketika kalian akan naik ke lantai 2. Masih jarang mahasiswa yang memanfaatkannya buku-buku disini. Mungkin karena rak bukunya juga ada yang terkunci dan sistem peminjaman yang kurang jelas. Namun, setahu saya kalian dapat meminjam buku disini dengan menyerahkan KTM ke satpam. Untuk jangka waktu peminjaman, kemungkinan hanya seminggu saja.
9.      Mushola
Mushola asrama terletak di lantai satu, tepatnya di paling ujung dekat tangga paling pojok kanan. Disitu ruangannya cukup luas, namun tidak akan muat untuk menampung jamaah se-asrama. Oleh karena itu, untuk shalat jamaah satu asrama dilakukan di aula besar asrama yang letaknya di tengah-tengah lantai paling bawah. Seperti layaknya mushola, disini terdapat beberapa mukena, sarung, sajadah, Al Qur’an, dan beberapa kitab ataupun buku bacaan islami. Tempat wudhunya ada disamping mushola dekat kamar mandi lantai 1.
10.   Kamar mandi
Jumlah kamar mandi di asrama ini cukup memadai. Sangat jarang sekali ada antrian. Di setiap lantai terdapat ruang khusus yang letaknya di ujung lantai dekat tangga ujung. Ruang ini berisi 8 kamar mandi, 8 wastafel untuk mencuci piring, dan 1 keranjang tempat sampah. Dalam kamar mandi ini hanya ada keran air, shower, dan jamban saja ya. Tidak ada bak untuk menampung air, jadi kalian bawa sendiri ember dan gayung untuk menampung air.
Untuk mencuci pakaian, biasanya dilakukan didalam kamar mandi juga. Dan untuk menjemur pakaiannya sudah disediakan ruang khusus disetiap lantainya untuk menjemur pakaian. Di ruang jemur pakaian ini juga disediakan wastafel untuk cuci piring supaya tidak perlu ke wastafel di kamar mandi hanya untuk mencuci peralatan makan. Selain itu, disetiap kamar juga disediakan tempat khusus untuk menjemur pakaian. Mahasiswa lebih sering menjemur pakaian ditempat ini karena terkena sinar matahari sehingga pakaian lebih cepat keringJ. Jangan lupa punya jepitan baju dan hanger ya… bisa juga ditambah tali tambang/tali pramuka untuk menambah tempat menjemur, terserah sesuai kreatifitas kalian aja mau dibuat gimana yang penting tetap rapi.
11.   Laundry
Bagi kalian yang lagi males nyuci atau ngga sempet nyuci, bisa pakai jasa laundry tuh. Nomor teleponnya ada dibalik pintu kamar juga. Atau bisa juga di petugas toko (Kopma Unnes) yang letaknya paling dekat tangga. Nah ngga perlu repot jauh-jauh kan…
12.   Toko Kopma Unnes
Toko ini dikelola oleh anggota Koperasi Mahasiswa (Kopma) Unnes . Berbeda dengan kantin, koperasi ini  layaknya sebuah toko saja. Didalamnya menjual berbagai makanan ringan, minuman dingin, pulsa, alat-alat tulis (pulpen, folio, penghapus, spidol, buku tulis, loose leaf, binder, dll), sabun mandi, detergen, odol, dll. Kalau kalian adalah anggota koperasi, jangan lupa menuliskan transaksi kalian di kertas poin ya..minta saja ke petugas yang jaga. Dengan begitu akan menambah jumlah poin kalian untuk mendapatkan SHU hehehe. Jadi, jangan lupa daftar sebagai anggota koperasi Unnes ya.. dan ikuti kegiatannya *cieh promote*
Asrama ini berbeda dengan kos, disini ada aturan-aturan yang berlaku dong pastinya. Untuk lebih lengkapnya, saat kalian menjadi penghuni bakal dikasi selebaran tata tertib asrama kok. Biasanya setelah kegiatan PPA kampus selesai, asrama mengadakan acara kumpul bersama untuk sekedar memperkenalkan petugas-petugas asrama, sekilas penjelasan tata tertib asrama, dan pemilihan Bu RT (sebutan untuk ketua/pemimpin mahasiswa baru di asrama). Beberapa peraturan yang harus kalian ketahui dan terapkan adalah:
1.      Tentang berbusana
Kalian harus menggunakan pakaian yang sopan ketika keluar asrama ataupun disekitar asrama ketika bertemu dengan petugas asrama. Tapi kalau untuk sekedar di dalam kamar tidur atau ke kamar mandi masih dibolehkan untuk berpakaian seadanya (namun tidak keterlaluan).
2.      Tentang jam pulang
Pintu gerbang asrama ini biasanya akan ditutup setelah pukul 23.00 WIB. Jadi semisal kalian ada kegiatan di luar atau kampus jangan sampai larut malam ya, nanti bisa dikunciin pak satpam wkwk. Untuk alternatifnya, biasanya mahasiswa yang pulangnya terlanjur kemaleman akan menginap di kos temennya atau nginep di kampus. Saya pun juga pernah pulang malam karena mengikuti kegiatan UKM. Karena acaranya sampai jam 23.00 lebih jadi saya nginep di gedung UKM bersama teman lain tentunya.
Kalau untuk pulang ke kampung halaman, dibolehkan kapan saja sesuai jadwal kalian. Meskipun secara aturan tertulis hanya dibolehkan setiap 2 minggu sekali, namun pada kenyataannya sangat sulit menerapkan itu karena jadwal kuliah atau kegiatan mahasiswa yang tak tentu waktunya. Jadi, kalian boleh pulkam suka-sukaJ Tapi jangan lupa tulis di buku ijin pulang setiap kalian mau pulkam ya, dan ketika kembali pun juga menuliskan jam kepulangan.
3.      Tentang keramahtamahan
Ketika memasuki lobby asrama, hendaklah menyapa dengan salam. Dianjurkan Assalamu’alaikum. Dan ketika berpapasan dengan orang-orang asrama, hendaklah tersenyum meskipun tidak saling mengenal. Tunjukkan kerendahan hati dengan unggah-ungguh dan keramahan.
Di asrama ini juga rutin sholat berjamaah, terutama shalat magrib, isya’ dan subuh. Dulu, setiap sehabis shalat isya’ selalu ada presensi shalatnya tapi sekarang tidak ada lagi. Asrama ini mewajibkan setiap penghuni untuk presensi setiap pagi dan malam. Tapi kadang saya juga masih lupa buat presensi malam hehehe.
Ada 3 jenis kegiatan yang harus diikuti penghuni asrama setiap minggunya, yaitu:
1.   Setiap malam Rabu, sehabis shalat isya’ berjamaah ada kegiatan ‘peningkatan mutu shalat’. Kegiatan ini diisi oleh Ibu Fidhoh, Nyai Pondok Pesantren Al Asror. Kegiatan ini berisi ceramah yang materinya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait ilmu fiqih. Banyak ilmu yang bakal kalian dapatkan disini. Ada juga bentuk latihan praktiknya untuk menilai seberapa besar pemahaman mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan. Dan jangan lupa setiap setelah kegiatan usai, wajib tanda tangan presensi yaa. Biasanya acara ini selesai pukul 21.00 WIB.
2. Setiap malam Kamis, sehabis shalat isya’ berjamaah ada kegiatan ‘mengaji berkelompok’, seperti mentoring. Nantinya kalian akan dikelompokkan, setiap kelompok biasanya berisi sekitar 10 orang. Pengelompokkan ini berdasarkan tes membaca Al Quran yang diselenggarakan di awal pertemuan malam Kamis. Yang dinilai adalah kefasihan dalam membaca Al Qur’an. Jangan takut atau khawatir kalau kalian belum lancer membacannya. Pada angkatan saya, ternyata masih banyak kok yang dikelompokkan ke kelas jilid. Padahal dulunya mereka sudah pernah mengaji jilid dan merasa sudah lancar membaca Al Quran. Pengelompokkan ini bertujuan untuk memudahkan mentor dalam mengajari cara membaca Al Qur’an yang baik dan benar. Setiap kelompok akan dimentori 1 orang. Mentor ini adalah mahasiswa pilihan yang mondok di pesantren Al Asror. Selain kegiatan membaca Al Qur’an, biasanya ada hafalan surat-surat Qur’an juga (tergantung mbak2 mentornya mau ngadain apa enggak). Setoran hafalannya ga maksa kalian harus hafal hari itu juga secara full kok, kalian boleh nyicil sedikit demi sedikit. Mbaknya juga paham kegiatan kuliah kalian kok, jadi ngga terlalu ngoyo juga ngajinya. Kalau kalian tidak bisa hadir untuk mengaji karena alasan tertentu, sebaiknya izin mentor dulu ya, biar presensinya ngga bolong. Bagi yang sedang haid, bukan berarti ga ada kegiatan. Yang haid akan dikelompokkan sendiri pada hari itu dengan di mentori oleh mas-mas cakep loh hehehe. Kegiatannya hanya mendengarkan ceramah dengan materi tertentu sesuka masnya aja.
3. Setiap malam Jumat, ada kegiatan membaca Surat Yasin dan Tahlil bersama di aula. Biasanya dipimpin oleh Pak Ustadz. Kegiatan ini mulainya setelah shalat magrib berjamaah  dan selesai sebelum shalat isya’. Setelah selesai, biasanya Pak Ustadz adzan kemudian shalat isya’ berjamaah.
Oiya biasanya shalat berjamaah diimami oleh Bapak  Manajer Asrama, yaitu Bapak Heri. Beliau juga seorang dosen Unnes. Beliau orang yang ramah, baik dan sangat tegas. Jangan heran saat beliau memberi peringatan kepada kalian yang malas-malasan ikut kegiatan asrama. Sesekali beliau bakal naik ke setiap kamar untuk mengopyak-opyak kalian yang belum turun ke aula mengikuti kegiatan. Berdasarkan pengalaman, bagi yang masih nakal tidak ikut kegiatan dengan mengunci kamar bakal beliau buka pintu kamar dengan kunci cadangan yang disimpan petugas. Siap-siap dag-dig-dug dah
Cukup sampai disini yang dapat saya share seputar asrama putri Unnes. Terima kasih sudah mampir blog ini dan membacanya. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulisan maupun bahasanya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

11 komentar:

  1. Kak mau tanya hehe, kalau dari gerbang utama unnes ke Fmipa sebarapa jauh ya kak? Dan kalau ditempuh dngn jalan kaki bisa berapa lama?
    Oiya makasih ya kak, tulisannya bagusss:):)

    BalasHapus
  2. Kalo sambil kerja boleh ngga kak?

    BalasHapus
  3. ka mau tanya, kalo mau daftar di asrama, kita ke asrama nya langsung ?

    BalasHapus
  4. Kak mau tanya nomer bu kos boleh ? Mau tanya kamar kosong ka.

    BalasHapus
  5. Ka mahasiswa bidikmisi kalo tinggal di asrama tetep dikenai biaya kah?

    BalasHapus
  6. Kak mau tanya, kan sekarang sedang pandemi covid_19 lalu bagaimana mendaftarnya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. kak cara mendaftar asramanya gimana ya kak?

    BalasHapus
  8. sekamar orng2Ny sejurusan ngak kak?

    BalasHapus
  9. Kak mau tanya untuk mahasiswa baru pgpaud bisa untuk asrama??cara daftarny gimna??

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Mohegan Sun Arena - Harrah's Resort Southern California
    Harrah's Resort 광양 출장마사지 Southern California in Valley Center is a Wedding Venue 창원 출장샵 in the beautiful Valley Center, CA, United 삼척 출장마사지 States and is 영천 출장마사지 open daily 24 부천 출장샵 hours.

    BalasHapus